The Effect of Learning Guidance and Learning Motivation On Mathematics Learning Achievement Through STAD Learning Model

Main Article Content

Dwi Cahyo Nugroho
Ardianik
Sucipto

Abstract

 


 

Article Details

How to Cite
Cahyo Nugroho, D., Ardianik, & Sucipto. (2023). The Effect of Learning Guidance and Learning Motivation On Mathematics Learning Achievement Through STAD Learning Model. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(1), 101-110. https://doi.org/10.51518/lentera.v5i1.127
Section
Articles
Author Biographies

Dwi Cahyo Nugroho, Universitas Dr. Soetomo - Indonesia

 

 

Ardianik, Universitas Dr. Soetomo - Indonesia

 

 

Sucipto, Universitas Dr. Soetomo - Indonesia

 

 

References

Adnyana, E. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979
Erica, D. (2015). Hubungan dan Pengaruh Bimbigan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Kafah Unggul Tangerang. Journal Manajemen Informatika, (1), 1–13.
Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Rosda Karya.
Kholidah, E. N. (2013). Bimbingan dan Konseling Sosial. Caturtunggal Depok Sleman. Yogyakarta: IKAPI.
Nasution, H. F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Bimbingan Belajar Gratis. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 66–73.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247–255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273