Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pemberian Tugas Secara Terprogram Kelas VIII SMP Negeri 1 Brang Rea Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

Siarmidianti

Abstract

Tujuan dari pendidikan Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah adalah untuk menguasai keterampilan membaca, merespon ungkapan dalam percakapan singkat ,. Dengan demikian Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan dan wajib dipelajari di SMP.


Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat diukur dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Keberhasilan itu dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi serta hasil belajar siswa. Semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. Namun dalam kenyataannya dapat dilihat bahwa sampai saat ini hasil belajar Bahasa Inggris yang dicapai siswa masih rendah.


Rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris tidak hanya karena kesalahan siswa tetapi juga disebabkan oleh proses belajar yang tidak sesuai. Guru membacakan atau membawakan bahan yang disiapkan dan siswa mendengarkan, mencatat dengan teliti dan mencoba menyelesaikan soal sesuai contoh dari guru, atau biasa disebut model pembelajaran konvensional. Hal ini mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Menjadikan siswa pasif, kurang perhatian untuk belajar kreatif dan mandiri.


Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Pemberian tugas secara terprogram.


Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61.8 % pada Kondisi awal, dapat meningkat pada siklus 1 menjadi 69.46 % dan siklus 2 mencapai 81.7 %, dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan.


Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan Pemberian tugas secara terprogram dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dengan ketuntasan mencapai 100 %, dengan demikian Pemberian tugas secara terprogram efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran bahasa Inggris  di SMP Negeri 1 Brang Rea Kecamatan Brang  Rea Kabupaten  . Sumbawa Barat

Article Details

How to Cite
Siarmidianti. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pemberian Tugas Secara Terprogram Kelas VIII SMP Negeri 1 Brang Rea Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 . Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 3(1), 13-26. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i1.39
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi 1997. Prossedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.
____________. 2002. Dasar-DasarEvaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
____________.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah dan Zein, (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2002.Pendekatan Konstektual, Jakrata :Dirjen Dikdasmen
_________.2003 Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Ibrahim, Muslimin. 2003. Teori Belajar Konstruktivisme. Depdiknas: Jakarta.
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.