Utilizing Edmodo as a Learning Media for Pancasila and Citizenship Education at SMK Negeri 1 Dompu

Main Article Content

Fitriani
Faujiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Pemanfaat Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegeraan di SMK Negeri 1 Dompu. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah metode kualitatif deskriptif dengan teknik mengumpulkan data yakni wawancara terpusat dan studi dokumen/teks. Hasil dari tulisan ini menunjukan bahwa Edmodo sebagai platform jejaring sosial gratis yang bersifat pribadi yang menyerupai facebook dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran oleh guru, siswa di SMK Negeri 1 Dompu. Adanya media pembelajaran bukan hanya membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran akan tetapi penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan dapat menarik minat siswa dalam belajar. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan sebagai suatu mata pelajaran memiliki muatan materi yang sangat kompleks. Sehingga ada media pembelajaran edmodo siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru secara mudah. Adanya edmodo sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mengatarkan siswa untuk dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkannya. Selain itu, edmodo sebagai media pembelajaran dapat menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

Article Details

How to Cite
Fitriani, & Faujiah. (2022). Utilizing Edmodo as a Learning Media for Pancasila and Citizenship Education at SMK Negeri 1 Dompu. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2), 14-24. https://doi.org/10.51518/lentera.v4i2.97
Section
Articles

References

Al-naibi, I. Al-jabri, M.dan Al-kalbani, I .(2018). Promoting students’paragraph writing using EDMODO: an action research. Tojet: the turkish online journal of educational technology. 17(1). 130-143. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1165747.pdf
Chusna, N. L. (2019). Pembelajaran e-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2, No. 1, pp. 113-117).
Darmadi. (2017). Pengembanan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Sleman. Deepublis
Ekici, D., I. (2017). The Use Of Edmodo In Creating An Online Learning Community Of Practice For Learning To Teach Science. Mojes: Malaysian Online Journal of Educational Sciences. 5(2).91-106. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1142512.pdf
Hadi, F,.R. dan Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal bidang pendidikan dasar (JBPD). 2(1).63-68
Karimah, S. Utami, R. dan Hidayah, N. (2018). Keefektifan media pembelajaran berbasis edmodo terhadap kreativitas mahasiswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama). 5(3). 97-101http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.132
Kuntarto, E.(2018). Materi pelatihan pengembangan e-learning.
Ma’azi, H. dan Janfeshan, K. (2018). The effect of Edmodo social learning network on Iranian EFL learners writing skill. Cogent education. 5(1).1-17 https://doi.org/10.1080/2331186X.20181536312
Madiong, B., Mustapa, Z,. Chakti, A., G., R. (2018). Pendidikan kewarganegaraan : civic education.Makassar. Celebes media perkasa
Pakpahan A., F., Ardiana D., P., Y., Mawati A., T, Wagiu E., B, Simarmata J., Mansyur M., Z., Ili L., Purba B., Chamidah B., Kaunang F. J., Jamaludin, Iskandar A.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan. Yayasan Kita Menulis
Rahayu, M. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. Grasindo
Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta. Kencana
Saifuddin. (2014). Pengelolaan pembelajaran teoreties dan praktis. Sleman. Deepublis
Sugito. Mulyani, S. Hartono dan Supartono. (2017) The Learning Syntax Through Edmodo in the Beginners Class. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). 6(4), pp. 299-305. https://eric.ed.gov/?q=edmodo&id=EJ1166881
Sumiharsono, R. dan Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Jember. Pustaka abadi
Ubaedillah, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila, demokrasi dan pencegah konflik. Jakarta. Prenada media